EAI adalah proses menghubungkan aplikasi (dalam suatu organisasi )dengan tujuan menyederhanakan dan mengotomatisasi proses bisnis.
Enterprise Apllication Integration adalah penggunaan perangkat lunak dan prinsip-prinsip arsitektur sistem komputer untuk mengintegrasikan sekumpulan aplikasi komputer.
Apakah tantangan dalam menggunakan EAI ?
Berbagai sistem yang akan dihubungkan sering berada pada kondisi :
– Memiliki berbagai Operating System berbeda
– Menggunakan berbagai bahasa komputer
– Legacy system yang tidak didukung oleh vendor yang membuat. Contoh : program Clipper yang sudah tidak ada
– Stove pipe System
Bussiness driver untuk integrasi
– Organisasi berkembang
– Meningkatkan effisiensi
– Meningkatkan kepuasan pelanggan
Kesiapan Integrasi
– Harus memahami proses bisnis
– Harus memahami data
– Menentukan proses dan data yang perlu diintegrasikan
Integrasi aplikasi
– Integrasi melalui antar muka aplikasi atau melalui method
– fokus : method level
– Memeungkinkan integrasi melalui sharing business logic
– method di shared dengan meletakannya pada sebuah server pusat (application server) atau dengan mengakses method method antar aplikasi (distributted object )
ERP, Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufakturproduksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi.
Keuntungan penggunaan ERP
1.Integrasi data keuangan
Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik
2. Standarisasi Proses Operasi
Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk
3. Standarisasi Data dan Informasi
Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda
4. Keuntungan yg bisa diukur
– Penurunan inventori
– Penurunan tenaga kerja secara total
– Peningkatan service level
– Peningkatan kontrol keuangan
– Penurunan waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi